Kampoeng Pujangga

Ikon

Hadiah Buku dari Taufiq Ismail

Tanggal 14 Mei yang lalu, Taufiq Ismail, salah seoarang sastrawan Indonesia memperingati 55 tahun kepenyairannya. Dalam acara tersebut, beliau menerbitkan buku yang terdiri dari 4 jilid dengan judul “Mengakar ke Bumi, Menggapai ke Langit” serta satu buku berjudul “Taufiq Ismail di Mata Mahasiswa” yang berisi 14 artikel yang mengupas kepenyairan Taufiq Ismail dari berbagai sisi.
Sebelum acara tersebut, aku sempat diminta untuk menghimpun karya-karya beliau. Aku datangi kantor-kantor media yang memuat tulisan-tulisannya. Aku pergi ke bagian dokumentasi media-media itu. Mencari data karya-karya Taufiq Ismail sejak tahun 60-an. Memang sangat sulit terdeteksi ketika mendatangi koran-koran seperti: kompas, Republika, dan beberapa media lainnya. Termasuk, aku harus mengacak-acak file-file di Perpustakaan Nasional. Membuka kembali file-file media-media yang sudah tidak lagi terbit, yang kertasnya sudah lapuk dan susah untuk dipegang dengan tidak hati-hati.
Selama berhari-hari aku berada di Rumah Horison untuk menyelesaikan buku Mengakar ke Bumi, Menggapai ke Langit itu. Hingga akhirnya selesai pula pengeditan dan macam-macamnya.
Tanggal 15 Mei aku main-main ke Rumah Horison. Kebertulan Taufiq Ismail juga ada di Rumah Horison. Siang itu, Penyair kelahiran Bukittinggi itu menghadiahiku buku Mengakar ke Bumi, Menggapai ke Langit yang 4 macam jilidnya itu. Sungguh penghargaan yang tak akan pernah aku lupakan.
Selamat Pak Taufiq! Semoga karya-karyamu menjadi karya yang dibaca oleh berjuta-juta mulut rakyat indonesia yang menaganga!
Terimakasih, Sahabat, Guru dan Orang Tuaku!
Kaulah yang selalu dan akan selalu menulis puisi, hingga senja umurmu nanti!

Filed under: Catatan Mungil

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Linky


"Bila kau tak ingin menghilang dari dunia ini, maka berbuatlah sesuatu yang patut dikenang dan tulislah sesuatu yang mesti diabadikan" Kalau saja ungkapan itu tidak salah, mengapa harus kita hindari. Mencoba! tidak ada salahnya. Berbuat! suatu keharusan. Salah! Who makes no mistakes, makes nothing! Ya, begitulah kira-kira! Selamat membaca!

salam
Ali Ibnu Anwar

Hot News

Day to Day

Mei 2008
S S R K J S M
    Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Numpang

Dokumen

Suara Sumbang

Nge-blog yuk!

%d blogger menyukai ini: