Kampoeng Pujangga

Ikon

Pada Sungai Selanjutnya

aku ingin bernyanyi lewat pertemuan dan perpisahan kita,
atau diam melibatkan air mata yang cukup untuk kita kenang
sebagai penghias musim yang belum lagi berubah.

seperti angin, aku ingin meratapi cuaca yang pandai bertingkah.
sehingga darahku kering dimanjakan dingin
yang dengan angkuhnya menyeret musim tunduk dengan kata-kata.
kali ini aku rasakan kesungguhan dingin
yang tak pernah ada saat kau mencarinya.
akupun binasa, tak tahu lagi puncak langit yang harus kuraba.
kalau aku ingin meratap, hanya angin yang berdekapan denganku
bila aku ingin tenggelam, hanya sungai itu yang mampu melumatku.

aku ingin air singai ini mengajariku berenang mengubur masa silam
mengalir dingin bagai tak mengerti bahwa tubuh ini
tak tahan menerima alirannya yang deras.

aku ingin mengalir seperti air sungai di sungai itu,
mencari arti yang aku butuhkan sebagai pereda luka kata-kata.
membawa kabar gembira yang tak rapuh di hembus angin,
yang tak lumpuh di deras air
menjadi bayang-bayang yang pantas dikenang.

aku ingin air sungai ini membawaku mengalir di liukan batu-batu diam.
karena aku ingin belajar pada air sungai
yang tahu ke mana harus mengalir atau menggenang.

Madura, 2005

Filed under: Sajak

Tinggalkan Balasan

Linky


"Bila kau tak ingin menghilang dari dunia ini, maka berbuatlah sesuatu yang patut dikenang dan tulislah sesuatu yang mesti diabadikan" Kalau saja ungkapan itu tidak salah, mengapa harus kita hindari. Mencoba! tidak ada salahnya. Berbuat! suatu keharusan. Salah! Who makes no mistakes, makes nothing! Ya, begitulah kira-kira! Selamat membaca!

salam
Ali Ibnu Anwar

Hot News

Day to Day

Mei 2008
S S R K J S M
    Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Numpang

Dokumen

Suara Sumbang

Nge-blog yuk!

